Cara Menjaga Kesehatan Anak Balita Agar Tidak Mudah Sakit

Bagi moms yang sedang mencari cara menjaga kesehatan anak balita agar tidak mudah sakit . Akan saya paparkan bagaimana menjaga kesehatan anak balita tentu dengan cara yang mudah. Simak ya moms. Sebenarnya wajar jika anak balita sering sakit dibanding dengan kita orang dewasa. Hal itu dikarenakan sistem imun yang belum terbentuk secara sempurna. Anak – anak paling rentan menderita sakit dimulai usia balita dan kurang dari satu tahun. Begitu banyak faktor yang mengakibatkan anak sakit, faktor utamanya adalah karena adanya infeksi virus. Selain itu orang tua sering mengajak anak keluar rumah, yang orang tua sendiri tidak mampu menjamin lingkungan yang sehat dan bersih ketika membawa anak keluar rumah. Untuk itulah peran orang tua juga sangat penting untuk menjaga kebersihan dan mengajari anak untuk hidup sehat sejak dini agar anak tumbuh menjadi sehat dan pintar.

Sakit yang seringkali diderita anak balita mulai dari demam, batuk, pilek, diare dan lain – lain. Tentunya sebagai orang tua moms semua ingin anak balitanya terbebas dari segala bentuk penyakit. Namun itu tidak mudah, sebagai orang tua moms pun tidak bisa 24 jam menjaga si buah hati, sementara si virus ada di sekitar anak tanpa kita sadari. Lalu bagaimana caranya menjaga kesehatan anak balita agar tidak mudah terkena penyakit akibat birus maupun bakteri ? ini dia akan saya paparkan sedikit mengenai cara menjaga kesehatan anak balita agar si kecil yang lagi menggemaskan tidak mudah tertular penyakit. Perhatikan ya moms, baca dengan seksama, pahami dan laksanakan. Dijamin mudah kok moms.

cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit

Kiat Menjaga Kesehatan Anak Balita

health-topics.com

1. Yang pertama moms, berikan ASI eksklusif. Mmoms juga harus tahu kenapa bayi pada usia 0 – 6 bulan lebih baik hanya diberi ASI saja, karena ASI sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi bayi dan sistem pencernaan bayi pada usia itu belum bisa mampu mengunyah makanan. Selain itu ASI sangat baik untuk pembentukan sistem imun pada bayi.

2. Jaga kebersihan. Penyakit juga bisa menular dari perlengkapan makan yang tidak bersih, baju yang kotor dan semua perlengkapan bayi yang tidak dicuci dengan benar. Selain perlengkapannya, si kecil juga harus dibiasakan hidup bersih sejak dini. Misal dengan membiasakan si kecil mandi dua kali sehari. Moms juga bisa membiasakan si kecil untuk menggosok gigi. Ajak si kecil selalu ketika moms dan daddy mau menggosok gigi, karena moms anak – anak akan meniru kebiasaan orang tuanya.

Cuci tangan. Ini penting moms, karena anak – anak sering memegang barang yang belum tentu steril dari berbagai kuman dan virus. Untuk itu moms harus membiasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun sejak dini setiap sebelum dan sesudah makan, sehabis main di luar rumah, dan sehabis buang air. Biasakan pula si kecil untuk mencuci kakinya setiap kali mau naik ke atas tempat tidur, sehabis bermain dan sehabis bepergian. Baca juga tanda-tanda penyakit diabetes yang sering tidak kita sadari.

3. Jangan abaikan makan. Idealnya balita mendapat asupan gizi yang seimbang agar mempunyai daya tahan tubuh yaang baik. Setidaknya makanan yang dimakan harus mengandung tiga golongan bahan makanan, yaitu karbohidrat dan lemak, zat pembangun (protein), dan zat pengatur (vitamin). Dengan komposisi 50 % – 70 % karbohidrat, 20 – 30 % lemak dan 10 – 15 % protein. Namun banyak juga balita yang sangat susah untuk makan atau pilih – pilih makanan. Jangan khawatir, moms semua dapat mensiasati si kecil yang suka pilih – pilih makanan dengan membentuk makanan dengan berbagai bentuk yang disukai anak, misal si kecil yang ga suka makan kentang moms bisa membentuk kentang menjadi bentuk tokoh kartun yang disukai anak, atau moms bisa berkreasi dengan membuat nugget ayam yang dicampur kentang.

makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan balita

4. Biasakan makan buah dan sayur. Buah dan sayur sering kali menjadi makanan yang paling tidak disukai anak karena tidak dikenalkan sejak dini. Jika sayur dan buah dikenalkan pada anak sejak dini, anak akan terbiasa makan buah dan sayur. Nah ini nih yang perlu moms tau juga, dengan sering makan buah dan sayur tubuh akan lebih kebal terhadap penyakit, karena kandungan antioksidan yang tinggi pada buah dan sayur.

5. Bergerak yook. Moms jangan terlalu pusing ketika melihat si kecil begitu aktif dan tidak mau diam. Yang penting moms tidak lengah menjaga si kecil ketika si kecil aktif berlarian, memanjat ataupun yang lainnya agar tidak terjadi hal yang membahayakan pada si kecil. Moms setiap hari anak sebaiknya bergerak minimal 1 jam (jumlah akumulatif). Tapi jangan berlebihan juga ya moms misal sampai 2 jam per hari. Gerak pada balita akan memperkecil resiko kegemukan pada anak. Bentuk aktivitas yang bermacam – macam juga akan mempererat hubungan orang tua dan si kecil. Bentuk aktivitas itu bisa berupa bermain bola bersama, berlari, atau bergoyang mengikuti irama lagu.

6. Istirahat. Anak yang mengalami susah tidur ditakutkan akan mengalami gangguan pengeluaran hormon yang berakibat mengganggu perkembangan pertumbuhan anak. Misal akan menggangu sistem kekebalan tubuh anak, dan belajar anak. Sebaiknya biasakanlah anak untuk tidur siang 1 – 2 jam setiap hari. Total waktu tidur untuk anak adalah 12 – 14 jam waktu tidur setiap hari.

7. Imunisasi. Imunisasi memberikan manfaat yang banyak pada anak. Apalagi ditengah penyebaran wabah penyakit seperti sekarang ini.

menjaga kesehatan balita dengan imunisasi

8. Imunisasi ulangan. Setelah si kecil ulang tahun yang pertama, berarti sudah waktunya si kecil untuk kembali diimunisasi untuk melengkapi imunisasi yang sebelumnya. Seperti imunisasi influenza, campak, gondongan, dan cacar air. Untuk balita usia 15 – 18 bulan, ada ulangan ke 4 imunisasi wajib polio dan DPT, ada lagi imunisasi yang dianjurkan yaitu HIB dan pneumokokis (PVC). Pada usia 2 tahun balita dapat diberikan imunisasi hepatitis A dan Thypus. Harus moms tahu tujuan dari imunisasi agar terbentuk zat kekebalan tubuh pada balita, sehingga resiko terkena penyakit lebih kecil.

9. Hindari makanan instan dan tidak menyehatkan. Anak – anak biasanya sangat menyukai snack – snack instan yang dijual di pinggir jalan atau di supermarket, memang sih moms snack itu rasanya gurih atau manis, rasa yang paling disukai anak – anak. Namun semua makanan instan tersebut belum tentu sehat buat sikecil. Selain karena belum tentu terjamin kebersihan dari makanan tersebut, kandungan gizinya juga tidak bisa dipastikan. Ada baiknya moms pandai – pandai memilihkan makanan atau jajanan untuk si kecil.

Itulah moms berbagai cara menjaga kesehatan anak balita agar tidak mudah sakit. Semuanya tergantung kepada orang tua bagaimana menjaga anak agar tetap sehat dan tumbuh menjadi anak yang pintar. Karena masa balita sangat penting moms. So biasakan sejak dini anak untuk hidup sehat ya moms. Semoga apa yang sudah saya paparkan bermanfaat. Salam happy live. Baca artikel kami juga ya tentang tips kecatikan , fitnes dan diet .

Sumber Gambar : lifestyle.sindonews.com – family.fimela.com – doctormums.com

Author - September 11, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *