Gejala-gejala Penyakit Diabetes yang Tidak Disadari

Gejala-gejala penyakit diabetes yang tidak disadari

Apakah anda tau beberapa gejala diabetes sering tidak kita sadari? Inilah pentingnya chek dan konsultasi pada dokter untuk memastikan ada atau tidaknya penyakit diabetes pada diri kia. Karena GEJALA-GEJALA PENYAKIT DIABETES SERING TIDAK DISADARI. Bahkan reaksi ini dianggap wajar dan normal. Diabetes juga bisa disebut sebagai penyakit silent killer, yak arena memang gejala-gejalanya sering tidak kita sadari.

Gejala pada tahap awal sering kali tidak disadari karena tekanan darah yang tidak terlalu tinggi. Biasanya beberapa tahun sebelum penderita didiagnosis menderita diabetes, orang mengalami resistensi insulin. Menurut seorang ahli diabetes dari Universitas Airlangga, pada tahapan ini pancreas akan memproduksi insulin diatas normal dan cara mengetahuinya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Namun ada beberapa gejala yang bisa kita cermati, yaitu :

Gejala Penyakit Diabetes yang Tidak Disadari

1. Berat badan menurun
Kadar gula darah tinggi bisa mengakibatkan penurunan berat badan secara derastis. Bisa lima sampai sepuluh kilogram selama dua bulan. Tapi ini bukanlah penurunan berat badan yang sehat. Alasannya yaitu, karena kegagalan insulin untuk memasukkan kadar glukosa ke dalam sel mengakibatkan tubuh menggunakan protein yang terdapat pada otot sebagai sumber energy alternative. Ginjal juga akan bekerja keras untuk menghilangkan kadar gula dalam darah dan kehilangan kalori akan membahayakan bagi ginjal.

gejala diabetes berat badan menurun

2. Sering buang air kecil dan rasa haus berlebihan
Seringnya buang air kecil juga merupakan tanda-tanda akan bahaya diabetes. Dan jika anda setiap malam harus sering terbangun karena harus buang air kecil. Maka ini bisa menjadi indikasi diabetes.
Ginjal berfungsi menyaring dan membuang glukosa ekstrem dalam darah, dengan menyaring darah lebih cepat dan banyak. Hal ini yang membuat anda harus bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil. Sedangkan untuk haus berlebihan, karena tubuh harus mengganti cairan itu dengan cairan lain.

3. Penyembuhan luka yang lama
Tanda-tanda yang banyak di temui yaitu jka luka, memar dan infeksi yang tidak kunjung sembuh. Hal ini karena pembuluh darah yang rusak karena kadar glukosa yang terlalu tinggi. Kondisi ini menyebabkan darah sulit menjangkau daerah luka. Selain itu, resiko infeksi pada luka juga bisa di picu karena kondisi seperti ini.

4. Kulit terasa gatal
Gejala diabetes juga bisa membuat kulit terasa gatal, ini disebabkan peredaran darah terganggu karena diabetes, sehingga akan menimbulkan rasa gatal dan kulit kering. Selain itu acanthosis nigricans yakni penggelapan warna kulit disekitar leher atau ketiak. Untuk mengurangi rasa gatal, sebaiknya anda menggunakan pelembab, jika tidak mampu mengurangi segeralah periksa ke dokter.

gejala-diabetes-tidur-mendengkur

5. Sering mendengkur dan mengantuk pada siang hari
Osama Hamdy, MD dari Joslin Diabetes Center di Boston AS mengatakan “umumnya para penderita diabetes tipe 2 akan mengalami gangguan pernapasan saat tidur. Bahkan pada siang hari ia akan mudah mengantuk dan mendengkur sangat keras.” Sangat dianjurkan untuk selalu melakukan chek kesehatan untuk mendapakan penanganan cepat dan lebih lanjut.

Itulah beberapa ulasan tentang tanda-tanda yang tidak disadari para penderita diabetes. segerakanlah untuk periksa ke dokter dan melakukan chek kadar darah secara berkala menurut ketentuan dokter.

Sumber gambar: 1. makassar.tribunnews.com 2. droz-indonesia.blogspot.com 3. health.liputan6.com

Author - September 5, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *