Penyakit-penyakit Komplikasi Akibat Diabetes

komplikasi penyakit diabetes

Apakah anda sedang mencari informasi penyakit komplikasi fatal pasien diabetes? Diabetes bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi jika tidak di atasi dengan baik. Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, saraf dan organ tubuh. Setidaknya ada 6 penyakit komplikasi berbahaya akibat diabetes. Meski tidak berdampak secara langsung, penyakit ini akan berdampak dalam jangka panjang.

Inilah 6 penyakit komplikasi fatal yang diderita penderita diabetes:

1. Kerusakan Saraf atau Neuropati
Kadar gula darah yang tinggi dan berlebihan akan dapat merusak pembuluh darah halus. Hal ini dapat menyebabkan rasa kesemutan atau terbakar di sekitar ujung jari tangan atau kaki lalu menyebar ke suluruh bagian tubuh lain. Reaksi setelahnya, kaki yang mengalami kesemutan akan mati rasa dan jika ada luka akan tidak terasa dan menjadi borok. Jika kerusakan system saraf ini menyerang organ pencernaan akan terasa mual, diare dan konstipasi.

2. Penyakit Jantung dan Stroke
Penderita diabetes memiliki kemungkinan lima kali lebih besar untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Keseimbangan kadar gula darah yang tidak terjaga dengan baik dalam jangka waktu lama akan akan menyebabkan asterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah karena penumpukan lemak. Hal ini akan mengakibatkan pasokan darah yang buruk untuk jatung anda serta menyebabkan angina (nyeri tumpul, berat atau sesak di dada). health-topics.com

komplikasi penyakit diabetes jantung

3. Gagal Ginjal
Gagal ginjal adalah penyakit komplikasi yang sering juga diderita penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena kerja ginjal yang semakin berat. Umumnya ginjal hanya menyaring racun yang terlarut pada darah. Tapi karena kadar gula yang tinggi dalam darah, mengharuskan ginjal untuk bekerja lebih keras membuang gula dalam darah melalui urin.
Akibat tugasnya yang semakin berat lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Kerusakan ini tergantung pada seberapa parah ginjal itu, jika sudah sangat parah akan terjadi gagal ginjal. Untuk mengatasinya, biasanya dilakukan cuci darah. Cuci darah adalah solusi sementara untuk penderita gagal ginjal. Solusi yang sebenarnya adalah dengan transplantasi ginjal.

4. Diabetic Retinopati
Diabetic retinopati adalah kerusakan mata yang dipicu oleh meningkatnya kadar gula darah. Hal ini terjadi karena retina atau jaringan peka cahaya di belakang mata jadi rusak. Kerusakan yang terjadi awalnya hanya gangguan mata biasa, namun jika tidak segera ditangani akan berakibat fatal. Jika bisa terdeteksi sejak dini, perawatan dengan laser photocoagulation dapat mencegahnya menjadi parah. Namun pada kasus yang sudah terlanjur parah, perawatan tersebut akan mengurangi terjadinya resiko kebutaan. Jika tidak ditangani dengan baik, akan terjadi kebutaan permanen. Kebutaan permanen tentunya akan sulit ditangani karena fungsi retina yang sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki. Segeralah melakukan pemeriksaan kesehatan anda jika sudah mengalami beberapa gejala penurunan kesehatan mata.

5. Masalah Kaki
Pada umumnya para penderita diabetes terlambat menyadari telah terjadi luka pada kakinya. Yang kemudian mengakibatkan ulkus. Ulkus tersebut akan berkembang menjadi kematian jaringan, yang apabila tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan gangrene diabetic. Gangrene diabetic adalah suatu proses peradangan luka tingkat lanjut yang disebabkan karena perubahan degenerative atau perawatan yang kurang intensif.

6. Disfungsi Seksual
Pada pria yang mengalami diabetes , terutama yang merokok kerusakan pembuluh darah bisa mengakibatkan masalah ereksi. Hal ini bisa di atasi dengan masalah obat-obatan. Wanita dengan diabetes juga bisa mengalami hiangnya libido, vagina kering dan nyeri saat berhubungan seksual. Anda bisa menggunakan pelumas vagina atau gel berbasis air.

Itulah 6 penyakit komplikasi yang sering diderita penderita diabetes. Pencegahan dini sangat dianjurkan untuk semua penderita diabetes. Segera melakukan pengecekan kesehatan adalah jalan terbaik sebelum terjangkit diabetes. Berpola hidup sehat adalah pilihan yang harus diambil untuk menghindari resiko diabetes. Baca juga artikel kami tentang kesehatan dan kecantikan.

Author - September 11, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *