Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil Agar Sehat dan Bugar

tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil agar tetap bugar dan sehat

Anda sedang mencari tips menjaga kesehatan ibu hamil agar tetap sehat dan bugar ? pas sekali karena kali ini saya akan memaparkan mengenai kesehatan kehamilan. Bagi seorang wanita mengalami kehamilan merupakan anugerah yang luar biasa. Sehingga seorang ibu hamil harus menjaga kesehatannya dengan baik. Menjaga kandungan akan sangat baik jika dimulai dari trimester pertama agar kandungan lebih sehat dan pertumbuhan bayi akan semakin baik.

Anak terlahir dengan sehat dan sempurna tentu saja dambaan seluruh ibu yang sedang hamil. Namun agar bayi lahir sehat dan sempurna tentu saja harus berusaha untuk selalu menjaga kesehatan kandungan anda. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kandungan, diantaranya menjaga makanan, menjaga psikologi ibu selama mengandung, menjaga agar selama mengandung ibu tidak mengalami sakit atau terkena penyakit yang dapat mengganggu kandungan ibu.

Untuk itu disini saya akan memaparkan berbagai tips mudah menjaga kesehatan kehamilan. Anda hanya perlu mencari tempat duduk yang nyaman, dan seperti biasa baca dengan seksama, pahami dan laksanakan.

Menjaga kesehatan ibu hamil

Proses kehamilan yang lancar dan sehat selalau didambakan oleh ibu hamil. Namun selama kehamilan biasanya ibu kan rentan terhadap gangguan kesehatan. Tentu saja hal itu akan berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan kehamilan :

1. Asupan gizi yang bagus
Makanan merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Makanan yang bergizi dan mengandung banyak vitamin akan mendukung ibu hamil untuk tetap fit selama mengandung.
Para ibu hamil juga sebaiknya selalu mengupayakan untuk memenuhi kriteria makanan empat sehat lima sempurna seperti sayuran hijau, buah – buahan, dan berbagai suplemen untuk ibu hamil. Karena makanan juga dapat mencegah berbagai kemungkinan buruk selama mengandung dan selama proses kelahiran. Makanan tersebut diantaranya adalah air putih dan kacang hijau karena dalam kacang hijau mengandung asam folat, protein, vitamin B1 dan B2 dan fosfor juga kalsium yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dengan makan kacang hijau selama kehamilan juga akan membantu menjaga kejernihan air ketuban dan tentunya kesehatan janin.

tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil

2. Olahraga
Untuk ibu hamil olahraga juga sangat penting. Untuk menjaga kesehatan janin. Dengan akan menjaga keseimbangan atau tekanan pada perut atau punggung bawah secara alami. Namun olahraga untuk ibu hamil ini sedikit berbeda dengan olahraga pada umumnya. Untuk ibu hamil terdapat olahraga khusus, misal senam ibu hamil, yoga dan lari – lari kecil, jalan dan olahraga ringan lainnya. Baca juga olahraga yang tepat untuk pasien diabetes.

3. Istirahat cukup
Istirahat yang cukup sangat diperlukan oleh ibu hamil. Untuk menjaga kandungan tetap sehat. Istirahat pada ibu hamil dapa merelaksasi pikiran dan tubuh yang mudah lelah karena kehamilan. Sehingga untuk itu ibu hamil harus banyak meluangkan waktu untuk beristirahat, karena jika ibu hamil terlalu lelah dampaknya akan sangat berbahaya bagi kesehatan janin dan ibu hamil.

4. Menjaga kebersihan
Kebersihan sangat penting untuk diperhatikan bagi ibu hamil. Seperti yang sudah saya paparkan tadi jika ibu hamil rentan dengan berbagai penyakit. Sehingga ibu hamil wajib memperhatikan kebersihan, seperti kebersihan diri, dan kebersihan lingkungan. Lingkungan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan, jika lingkungan kita bersih, teratur, dan sehat maka akan sehat pula orang yang hidup dilingkungan tersebut. Begitu pula pada ibu hamil yang dampak nya juga akan dirasakan oleh bayi dalam kandungan.

menjaga kesehatan kandungan ibu hamil secara rutin

5. Periksa kehamilan secara teratur
Manfaat pemeriksaan kehamilan secara teratur salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Dengan rutin memeriksakan kehamilan ibu juga dapat mengetahui jika dalam kandungan terjadi kemungkinan mengalami gangguan ataupun kelainan dalam masa kehamilan. Dokter juga dapat memberikan saran ataupun tindakan medis yang dianggap diperlukan untuk menjaga proses kelahiran lancar.

6. Vaksinasi kehamilan
Vaksinasi juga diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Manfaat dari vaksinasi ibu hamil ini salah satunya adalah dapat melindungi ibu hamil dan janin dari resiko terkena penyakit yang berbahaya yang dapat menyebabkan kematian bagi ibu hamil dan janin.

7. Menerapkan pola hidup sehat
Pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Pola hidup sehat bukan hanya tentang pola makan, namun juga tentang gaya hidup yang harus dijaga. Misal ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi alkohol dan merokok.

Aktivitas yang harus dihindari oleh ibu hamil

Selain hal – hal yang harus dilakukan, ibu hamil juga harus menghindari beberapa aktivitas ini agar kandungan tetap sehat. Berikut adalah aktivitas yang harus dihindari agar kandungan tetap sehat dan ibu juga tetap sehat tentunya:

1. Terlalu keras berolahraga
Seperti yang sudah saya paparkan diatas jika olahraga sangat penting untuk ibu hamil. Karena olahraga dapat menjaga keseimbangan atau tekanan pada perut atau punggung bawah secara alami. Namun jika olahraga dilakukan terlalu keras dapat mengancam janin dalam kandungan. Jadi ibu hamil harus menghindari olahraga ekstrem dengan latihan kekuatan atau bersepeda dengan kekuatan tinggi.

Olahraga Untuk Ibu Hamil

menjaga kesehatan ibu hamil dengan tidak olahraga berlebihan

2. Menggunakan pembersih rumah berbahan kimia
Ibu hamil sangat tidak danjurkan kontak langsung dengan produk – produk pembersih rumah yang mengandung bahan kimia seperti cairan pembersih lantai atau cairan pembersih kamar mandi. Paparan bahan kimia yang ditimbulkan oleh bahan kimia dalam produk pembersih dapat menghambat perkembangan janin dalam kandungan. Nah untuk itu ibu hamil sebaiknya jika membersihkan rumah menggunakan bahan kimia yang tidak berbahaya untuk kandungan, misal air soda maupun cuka.

3. Lotion yang mengandung bahan kimia
Dari beberapa penelitian mengatakan jika penggunaan lotion atau produk kecantikan lainnya dapat mempengaruhi kadar hormon. Untuk itu sangat disarankan pada ibu hamil lebih baik memilih lotion dari bahan – bahan alami seperti minyak zaitun, teh hijau dan biji anggur dari pada yang menggunakan bahan kimia.

4. Mewarnai rambut
Ibu hamil sebaiknya berhati – hati ketika memilih produk pewarna rambut. Namun bukan berarti ibu hamil sama sekali tidak boleh mewarnai rambut. Pewarna alami tetap lebih baik, seperti henna, dan pewarna nabati lebih aman dari pada cat rambut yang berbahan kimia. dan sebaiknya pewarnaan dilakukan pada rambut bagian panjangnya bukan pada kulit kepala.

5. Minum alkohol
Seperti yang sudah saya paparkan diatas, pola hidup sehat sangat penting dilakukan oleh ibu hamil. Salah satunya adalah dengan tidak minum alkohol. Mengkonsumsi alkohol tentu sangat membahayakan untuk ibu hamil.

6. Minum obat pereda nyeri
Jangan asal minum obat pereda nyeri. Hal ini dapat mempengaruhi jantung dan ginjal janin, sehingga jika ibu hamil mengalami sakit atau pusing ataupun nyeri sebaiknya konsultasikan sakit anda terlebih dahulu ke dokter untuk diberikan obat yang tepat untuk ibu hamil.

7. Jangan terlalu lama berendam dalam air hangat
Ibu hamil juga membutuhkan relaksasi dengan berendam dalam air hangat. Namun disarankan untuk tidak terlalu lama ketika berendam dalam air hangat karena dapat membahayakan kesehatan janin.

Nah itu dia beberapa tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil, dan hal – hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan. Dan satu hal yang harus selalu ibu hamil lakukan adalah selalu mendekatkan diri dengan tuhan, karena untuk membentuk karakter anak dilakukan sejak masih dalam kandungan. Semoga tips yang saya paparkan bermanfaat. Salam happy life. Baca juga tentang cara menjaga kesehatan balita dan tips ampuh menghilangkan stess yang bisa anda aplikasikan saat anda hamil.

Sumber Gambar : www.tipssehatmu.com – katasuna.com – www.vemale.com – www.gilasport.com

Author - September 14, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *